Materi Kuliah   e-Journal   Follow Us On                
share on facebook   share on twitter


Cara Sehat Menurunkan Berat Badan


Berat badan yang ideal adalah kebanggaan untuk setiap orang yang ingin tampil lebih menarik dari yang lainnya , dan sebaliknya terlalu kurus atau terlalu berlebihan berat badan adalah hal yang membuat momok yang menyebalkan .

Tambahan asupan makanan, sangat berguna untuk menambah dan memacu napsu makan lebih bertambah lagi, selain itu pola makan yang benar dan porsi makan yang ditambah secara teratur, akan membawa napsu makan menjadi lebih baik dan berat badan yang kurang sebaiknya menambah suplai makanan hingga porsi makanan sesdikit lebih banyak dari porsi makanan sebelumnya.

Namun setelah berat badan kita bertambah, terkadang kita tidak bisa mengkontrol asupan makanan yang kita konsumsi, alhasil berat badan semakin bertambah saja. karena pola makan telah lepas control dan keinginan untuk selalu mengkonsumsi makanan entah itu makanan ringan atau berat selalu bertambah akibatnya kebiasaan ini yang membuat berat badan semakin bertambah .

apakah pernah terlintas cara menurunkan berat badan dalam jangka waktu yang sangat pendek dan sangat singkat adalah kepuasan yang sangat luar biasa ? ! benar sekali ! dalam sekejap menurunkan berat badan dengan secepat kilat sangat memberikan kepuasan yang luar biasa namun sudahkah anda mengerti dampak negative dan positif untuk tubuh kita ? dan efek samping yang ditimbulkan ??

lalu bagaimanakah cara diet sehat agar tubuh tetap sehat cerah dan tidak berdampak negative dari diet tersebut ??

alu bagaimanakah cara diet sehat agar tubuh tetap sehat cerah dan tidak berdampak negative dari diet tersebut ??

Mengapa bisa terjadi kegemukan (overweight)?

Mempunyai tubuh langsing alami dan tetap sehat adalah dambaan setiap manusia. Kegemukan dapat disebabkan oleh 6 faktor yaitu :

1. Faktor Genetik

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa faktor genetik memberikan pengaruh sebesar 33 % pada berat badan seseorang

2. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan ini terutama mencakup pola hidup seseorang.

3. Faktor Psikis

Apa yang ada di dalam pikiran seseorang bisa mempengaruhi kebiasaan makannya. Banyak orang yang memberikan reaksi terhadap emosinya dengan makan.

4. Faktor Kesehatan

Beberapa jenis penyakit dapat menyebabkan terjadinya kegemukan misalnya : hipotiroidisme dan beberapa kelainan syaraf.

5. Obat obatan

Beberapa obat yang dapat menyebabkan kegemukan : jenis steroid dan beberapa anti-depresi.

6. Faktor Perkembangan

Perkembangan anak (yang sudah gemuk) cenderung akan mempunyai sel sel penyimpan lemak 5 kali lebih banyak apabila sudah dewasa sehingga memiliki resiko kegemukan yang lebih besar.

Diantara 6 faktor diatas, faktor lingkungan (pola hidup) memberikan kontribusi paling besar pada berat badan seseorang. Dengan pola hidup yang kurang sehat, maka akan berpengaruh pada peningkatan berat badan seseorang. Pola hidup yang dikategorikan kurang sehat, antara lain : konsumsi makanan berlemak / berminyak yang berlebihan, kebiasaan mengkonsumsi makanan kecil (ngemil), dan kurangnya olahraga secara teratur.