BERANDA
PROGRAM STUDI 
S1 ADMINISTRASI NIAGA
D3 MANAJEMEN ADMINISTRASI
D1 MANAJEMEN ADMINISTRASI
D4 SEKRETARI
D3 SEKRETARI
D1 SEKRETARI
S1 MANAJEMEN
S1 AKUNTANSI
S2 MAGISTER MANAJEMEN
S1 SISTEM INFORMASI

 

 
S1 MANAJEMEN
PENGUKURAN KINERJA MELALUI PEMBERIAN KOMPENSASI DAN PENILAIAN LINGKUNGAN KERJA

Penulis : Khairul Anwar, S.E., M.M. | Tahun : 2018

Download File(s) |


The success of an organization is often influenced by the quality of human resources which is a determining factor in productivity. It is important for a human resources manager to improve employee performance in an organization. An employee's performance improvement can be affected by compensation and the work environment. This study aims to determine: (1) the influence of compensation on employee performance (2) the influence of the work environment on employee performance and (3) the simultaneous effect of compensation and work environment on employee performance. The subject of this study were employees of PT Rahayu Perdana Trans. This research is populative with total of 33 respondents. The method of collecting primary and secondary data through questionnaire dissemination surveys (primary data) for work environment and company data (secondary data) for compensation and employee performance variables. Data analysis techniques used in this study are simple regression analysis and multiple regression analysis. The results showed that (1) compensation had a positive and significant effect on employee performance. (2) there is a positive and significant influence between the work environment on employee performance. (3) There is a simultaneous and significant influence between compensation and work environment on employee performance. The company's work environment needs to be considered, especially the issue of cleanliness and air circulation. The creation of a good work environment can provide comfort for employees while working. Providing incentives to employees can provide motivation to work more enthusiastically.

Kata Kunci : Compensation, Work Environment, Performance

 

S1 MANAJEMEN
ANALISA STRATEGI PEMASARAN DIVISI EXPORT PADA PT BENLINE AGENCIES PADA TAHUN 2017

Penulis : Dr. Freddy J. Rumambi, M.M. | Tahun : 2018

Download File(s) |


ABSTRAK

Adapun masalah yang diteliti adalah analisis strategi pemasaran pada perusahaan tersebut ?. untuk memecahkan masalah penulis mengunakan dua metode yaitu metode pengumpulan data berupa kueisoner, observasi, wawancara dan studi keperpustakaan.
Adapun pemecahan masalah pada pembahasan skripsi ini mengunakan analisis matriks daya tarik industri (MDTI). Hasil analisis MDTI menunjukkan posisi perusahaan terletak pada sel yang terbentuk oleh perpotongan sumbu horizontal sebesar (4,57) dengan sumbu vertikal yang sebesar (4,35) maka posisi perusahaan berada pada bagian tinggi dari matriks. Hal ini berarti bahwa PT Benline Agencies Indonesia memiliki prospek untuk dapat berkembang lebih jauh dan lebih maju dimana manajemen harus terus berinvestasi guna meningkatkan pertumbuhan perusahaan. Adapun yang dapat dipakai jenis strateginya adalah strategi pertumbuhan. Berdasarkan analisis variabel internal dapat diperoleh kesimpulan bahwa PT Benline Agencies Indonesia tidak memiliki kelemahan yang berarti. PT Benline Agencies Indonesia memiliki kekuatan untuk menghadapi ancaman yang ada. Kekuatan internal yang dimiliki oleh PT Benline Agencies Indonesia harus dipertahankan dan ditingkatkan dimasa yang akan datang diantaranya adalah: citra perusahaan, pelayanan dan juga pangsa pasar PT Benline Agencies Indonesia. Dan berdasarkan analisis eksternal diperoleh kesimpulan bahwa yang menjadi peluang bagi PT Benline Agencies Indonesia adalah depresiasi mata uang, serta keamanan Negara, kondisi ekonomi, kondisi politik, struktur persaingan, dan peraturan pemerintah . Sedangkan variabel eksternal yang menjadi ancaman bagi PT Benline Agencies Indonesia yaitu: perubahan teknologi dan inflasi.



Kata Kunci : Strategi Pemasaran

 

S1 MANAJEMEN
Pengaruh Lingkungan Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Astra Honda Motor.

Penulis : Dr. Freddy J. Rumambi, M.M. | Tahun : 2018

Download File(s) |


Pengaruh Lingkungan Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Astra Honda Motor.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengukur besarnya pengaruh lingkungan kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan secara simultan dan secara parsial.
Dalam pelaksanaan penelitian ini digunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada Karyawan PT Astra Honda Motor. Data dianalisis menggunakan analisis Regresi Linier berganda, Koefisien Korelasi, Koefisien Determinasi, serta uji F dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis pengaruh lingkungan kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan secara simultan adalah sangat kuat, hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,861.
Pada uji F nilai F dengan tingkat signifikan 0,000. Karena tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, berarti lingkungan kerja, dan disiplin kerja secara simultan mempunyai pengaruh positif dan nyata terhadap kinerja karyawan pada Karyawan PT. Astra Honda Motor.
Diperoleh persamaan regresi Y = 1,387 + 0,427X1 + 0,611X2, Hal ini menunjukkan bahwa : Jika variabel independen lain nilainya konstan dan gaya kepemimpinan mengalami peningkatan sebesar skor 1, maka kinerja karyawan (Y) akan mengalami penurunan sebesar 0,080. Jika variabel independen lain nilainya konstan dan lingkungan kerja mengalami peningkatan sebesar skor 1, maka kinerja karyawan (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,427, maka lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Jika variabel independen lain nilainya tetap dan disiplin kerja mengalami peningkatan sebesar skor 1, maka kinerja karyawan (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,611, maka disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.



Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan.

 

S1 MANAJEMEN
Pengaruh Lingkungan Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Astra Honda Motor.

Penulis : Dr. Freddy J. Rumambi, M.M. | Tahun : 2018

Download File(s) |


Pengaruh Lingkungan Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Astra Honda Motor.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengukur besarnya pengaruh lingkungan kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan secara simultan dan secara parsial.
Dalam pelaksanaan penelitian ini digunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada Karyawan PT Astra Honda Motor. Data dianalisis menggunakan analisis Regresi Linier berganda, Koefisien Korelasi, Koefisien Determinasi, serta uji F dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis pengaruh lingkungan kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan secara simultan adalah sangat kuat, hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,861.
Pada uji F nilai F dengan tingkat signifikan 0,000. Karena tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, berarti lingkungan kerja, dan disiplin kerja secara simultan mempunyai pengaruh positif dan nyata terhadap kinerja karyawan pada Karyawan PT. Astra Honda Motor.
Diperoleh persamaan regresi Y = 1,387 + 0,427X1 + 0,611X2, Hal ini menunjukkan bahwa : Jika variabel independen lain nilainya konstan dan gaya kepemimpinan mengalami peningkatan sebesar skor 1, maka kinerja karyawan (Y) akan mengalami penurunan sebesar 0,080. Jika variabel independen lain nilainya konstan dan lingkungan kerja mengalami peningkatan sebesar skor 1, maka kinerja karyawan (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,427, maka lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Jika variabel independen lain nilainya tetap dan disiplin kerja mengalami peningkatan sebesar skor 1, maka kinerja karyawan (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,611, maka disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.



Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan.

 

S1 MANAJEMEN
Analisis Perbandingan Biaya Pengiriman Impor Muatan Kubikasi Kecil Antara Angkutan Laut dan Angkutan Udara pada perusahaan Jasa PT. Asia Service Container

Penulis : Khairul Anwar, S.E., M.M. | Tahun : 2018

Download File(s) |


ABSTRAK

Agung harianto (2018), Pengaruh Faktor – faktor kesejahteraan karyawan terhadap Motivasi kerja serta dampaknya pada produktifitas karyawan pada PT. HM. Sampoerna Tbk. Dosen Pembimbing Utama: Bapak Drs. Irwan Tanamas, S.Ak., M.M., Ph.D dan Dosen Pembimbing Pendamping: Dr (C) Rudianto SE. MM. Manusia pada dasarnya memiliki berbagai macam kebutuhan yang semakin lama semakin bertambah, untuk itu perusahaan harus memperhatikan Faktor – faktor kesejahteraan karyawannya terutama disegi Gaji dan Insentive, hal ini akan meningkatkan Motivasi kerja karyawan serta Dampaknya terhadap produktifitas kerja karyawan. Upaya yang dilakukan perusahaan sebagai pendorong Motivasi kerja karyawan dengan memberikan kesejahteraan yang memadai. Faktor – faktor kesejahteraan yang diberikan ada dua macam yaitu : Faktor Gaji dan Faktor Insentive.
Adapun masalah yang menjadi dasar dari judul penelitian penulis adalah: ”Bagaimana pengaruh Faktor Gaji (X1) dan Faktor Insentive (X2) terhadap Motivasi kerja karyawan (Y) serta Dampaknya padfa Produktifitas Karyawan (Z) pada PT. HM. Sampoerna Tbk?,
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh Faktor Gaji dan Insentive yang diberikan terhadap Motivasi kerja karyawan serta Dampaknya terhadap Produktifitas kerja karyawan pada PT. Hm. Sampoerna Tbk.
Menurut Hasibuan (2013:118), kesejahteraan adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan. Kesejahteraan dibedakan menjadi dua yaitu kesejahteraan langsung meliputi gaji dan upah, dan kesejahteraan tidak langsung meliputi THR, Uang pensiun, Pakaian dinas, Cafeteria, Mushola, Olah raga, Cuti, Tunjangan kesehatan, dan Dharma wisata.
Menurut Siagian (2013:94), Motivasi adalah keinginan dan kesungguhan seseorang mengerjakan pekerjaannya dengan baik serta berdisiplin untukmencapai prestasi kerja yang maksimal.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara sebar kuesioner, dan study dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif, Metode analisis Regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: Hasil perhitungan Regresi linier sederhana, Terdapat Korelasi yang kuat antara variabel (X1) dengan (Y), dimana ditunjukkan dengan r = 0.800a, dan r= 0.641. Kontibusi variabel ini yakni (X1) dengan (Y) adalah sebesar 35.9% dan 64.9% disumbangkan oleh variabel lain diluar variabel (X1). Terdapat Korelasi yang kuat antara variabel (X2) dengan (Y), dimana ditunjukkan dengan r = 0.810a , dan r= 0.656. Kontibusi variabel ini yakni (X) terhadap (Y) adalah sebesar 65.6% dan 34.4% disumbangkan oleh variabel lain diluar variabel (X2).Hasil perhitungan Regresi Linier sederhana terdapat Implikasi yang signifikan dan kuat antara variabel (Y) dengan (Z) dimana pada uji koefisien korelasi diperoleh sig sebesar 0.974 dengan demikian Motivasi yang diberikan karyawan terhadap produktifitas kerja karyawan berpengaruh signifikan sangat kuat yang diberikan pada PT. HM. Sampoerna Tbk. Variabel Faktor Kesejahteraan karyawan yang paling dominan mempengaruhi Motivasi kerja karyawan di PT. HM. Sampoerna Tbk. adalah variabel Faktor Insentive. 2 2



Kata Kunci : Kata kunci: Faktor Gaji dan Insentive ,Motivasi karyawan, produktifitas karyawan

 

S1 MANAJEMEN
PENGARUH PENERAPAN AUTO GATE SYSTEM TERHADAP KELANCARAN ARUS KEGIATAN EKSPORT PADA PT. JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL

Penulis : Khairul Anwar, S.E., M.M. | Tahun : 2018

Download File(s) |


PENGARUH PENERAPAN AUTO GATE SYSTEM TERHADAP KELANCARAN ARUS KEGIATAN EKSPORT PADA
PT. JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL


ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini yaitu Seiring pesatnya arus eksport dan import di Indonesia, Auto Gate System yang telah menjadi satu pilihan terhadap sistem yang telah diterapkan dan sedang dikembangkan oleh PT. Jakarta internasional container terminal. Sistem ini bertujuan untuk mempercepat proses arus barang yang masuk maupun keluar dari terminal container di setiap pelabuhan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan auto gate system terhadap kelancaran arus kegiatan eksport pada PT. Jakarta International Container Terminal (JICT). Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu Penerapan Auto Gate System (X1), Penerapan auto gate system merupakan pelayanan guna memudahkan penanganan peti kemas masuk dan keluar dari terminal container. Ini merupakan bagian dari upaya menyeluruh untuk peningkatan kapasitas terminal dan layanan JICT. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu Kelancaran arus kegiatan ekspor (Y), kelancaran arus kegiatan ekspor merupakan kegiatan mengirimkan atau memperdagangkan barang atau jasa ke luar negeri dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Teknik sampling yang digunakan oleh peneliti yaitu teknik purposive samplingyaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dimana yang dipilih adalah hanya kepada eksportir yang mengunakan jasa PT. JICT berjumlah 30 responden yang dianggap mewakili populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menyebarkan kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS Ver. 21.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Penerapan Auto Gate System terhadap Kelancaran arus kegiatan ekspor pada PT. Jakarta International Container Terminal, hal tersebut diketahui dari hasil uji hipotesis yang diperoleh hasil Ho ditolak dan H1 diterima artinya secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara Penerapan Auto Gate System terhadap Kelancaran arus kegiatan ekspor pada PT. Jakarta International Container Terminal. Berdasarkan analisis koefisien korelasi diperoleh hasil terdapat hubungan kuat dan positif antara penerapan Auto Gate System dengan Kelancaran arus kegiatan ekspor pada PT. Jakarta International Container Terminal. Artinya terjadi hubungan searah antara Penerapan Auto Gate System dengan Kelancaran arus kegiatan ekspor pada PT. Jakarta International Container Terminal, semakin tinggi bagus Penerapan Auto Gate System maka semakin tinggi Kelancaran arus kegiatan ekspor pada PT. Jakarta International Container Terminal.

 

S1 MANAJEMEN
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PROSES PENGIRIMAN BARANG EKSPOR FCL VIA LAUT PADA PT PANALPINA NUSAJAYA TRANSPORT

Penulis : Imam Jayadi SE, MM | Tahun : 2017

Download File(s) | File 1 |


ABSTRAK


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayan terhadap proses pengiriman barang ekspor pada PT. Panalpina Nusajaya Transport.
Penelitian ini menggunakan metode uji hipotesis untuk mengetahui seberapa besar kualitas pelayanan terhadap proses pengiriman. Populasi penelitian ini berjumlah 32 orang responden,maka peneliti membuatsampel sebanyak 5% dari populasi, maka diambil 30 orang responden dengan menggunakan purposive samplingprobability sampling dengan mengambil sampel random acak sederhana (simple random sampling).
Hasil pengelolaan data menunjukkan bahwa kualitas pelayanan terhadap pengiriman adalah positif dan signifikan dengan nilai indikator 21,5hal ini menunjukkan bahwa PT. Panalpina Nusajaya Transprot masih memiliki kualitas pelayanan yang cukup baik terhadap proses pengiriman. Berdasarkan hal tersebut disarankan agar sebaiknya dapat dipertahankan dan perlu ditingkatkan kembali pentingnya memenuhi kebutuhan konsumen yang tinggi.
Nilai persaman regresi liner dan nilai kofisiensi cukup baik,sedangkan nilai kofisien penentu cukup baik artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara pelayanan terhadap proses pengiriman.
Kesimpulan penelitian ini hubungan antar kualitas pelayanan terhadap proses pengiriman hal ini menunjukan hubungan yang positif dan sedang pengujian dapat dilihat pengujian kofisiensi determinasi kualitas pelayanan dalam menjelaskan proses pengiriman barang ekspor.




Kata Kunci : Pelayanan dan Proses Pengiriman

 

S1 MANAJEMEN
PENGARUH PROFESIONALISME KERJA TERHADAP PELAYANAN EKSPOR DAN IMPOR PADA PT. KUMAITU CARGO

Penulis : Imam Jayadi SE, MM | Tahun : 2017

Download File(s) | File 1 |


ABSTRAK

The author on this occasion concluded that the professionalism of employees to service at PT. Kumaitu Cargo is very important to provide more services to improve employee performance in the company. Improve the quality of employees into good referrals, maintaining good cooperation in terms of communication knowledge and skills. Train employees dare to do to meet the demands of the profession and realize the obligations that must be fulfilled during the running profession.

The Theory of Professional Professionals means experts in the field. If a manager claims to be a professional then he should be able to show that he is an expert in his field. Professionalism Employee Professionalism of employees is determined by the level of ability of employees who tercemin through everyday behavior in corporate agencies. Understanding Services Based on the definition of service above can be concluded that the service is an activity undertaken by the organization or agency. Export is the sale of goods abroad by using the payment system, quality, quantity and other sales terms that have been approved by the exporter and importer Import is the process of purchasing foreign goods or services from one country to another

Sample Sampling is done with the consideration that the population is very large in number, so it is not possible to examine the entire population. Operational independent variable independent (X) in this research is Professional. Variable from Professional (X) is Variable Free is variable that mempengarui or which cause of change. This Research Using Descriptive and Quantitative Statistics Analysis. Descriptive analysis is one statistical method to analyze data by way of describing or describing the data that have been collected, So based on data processing obtained from 30 respondents then the average Professionalism of employees to service with 10 indicators is 85% means Professionalism of employees in the service which is given to customers very well, should also be maintained. Data Analysis Level of Export and Import Service at PT. Kumaitu Cargo Discussion on how to analyze Service variables, to obtain data - data to be processed, explanation of recapitulation daa answer 30 respondents with 10 indicator services Export and Import. Thus it can be concluded that the formulation of a third problem is evident. This is because based on the calculation of correlation coefficient 0.69 means there is a relationship between Proesional to Export and Import Service At PT. Kumaitu Cargo.


Conclusion Based on the data I studied and I got in the company of PT. Kumaitu Cargo, which engies in the field of freight services Export and Import for the professionalism of employees must be maintained. so that service to the customer to be better, so that work relation widespread and developed forward and beneficial to many people.


Kata Kunci : PROFESIONALISME KERJA DAN PELAYANAN

 

S1 MANAJEMEN
PENGARUH ATRIBUT PASIEN DAN KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KECAMATAN KELAPA GADING DKI Jakarta Utara

Penulis : AGUS PURNAWAN, S.E., M.M. | Tahun : 2017

Download File(s) | File 1 |


Abstract: Puskesmas is a Technical Implementation Unit of Regenc/Municipal Health Service which is responsible for conducting health development in its working area, as well as spearheading first-rate health service provider of primary health care and basic public health development in Indonesia. The purpose of this study is to measure (1) the relationship and influence of patient attribute on patient satisfaction (2) service quality to patient satisfaction (3) patient attribute and service quality to patient satisfaction. The research method used quantitative approach to know the value of variable of patient attribute, service quality to patient satisfaction at Puskesmas Kelapa Gading District. While the measurement of research variables using Likert Scale tool to measure attitudes, opinions and perceptions of a person or a group of people about social phenomena. The result of the research indicates that: (1) there is a significant effect of patient attribute partially on patient satisfaction factor, either positive (direct proportional) for residence, and negative influence (inverse proportional) for education of income and work. (2) There is influence of service quality which is significant to satisfaction factor. where all dimensions of service quality have a positive effect (directly proportional / direction) to patient satisfaction. Descriptive Statistics for Quality of Service and Patient Satisfaction; dominant has a mean value (mean) ranging from 3, ... which means the description of the two factors mentioned above is quite good / satisfied. (3) The result of the relationship analysis between patient attribute and Service Quality simultaneously affect the level of patient satisfaction

Kata Kunci : patient attribute, service quality, patient satisfaction

 

S1 MANAJEMEN
PENGARUH MOTIVASI KERJA, DISIPLIN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT PANTI SECANTI GISTING

Penulis : Imam Jayadi | Tahun : 2016

Download File(s) | File 1 |


In light of efficient and effective hospital health efforts in providing priority to curative and rehabilitative aspects at Children's Hospital Secanti, harmonious and integrated way should be implemented in order to obtain high performance Human Resource involved in the service. This study was carried out in the Secanti Hospital Panti, Gisting, in which effects of work motivation, work discipline and organizational culture on yhe performance were examined and further analyzed. Data analysis techniques used in this study is a descriptive and statistical methods in accordance with the prevailing theory. Stratified random sampling method was applied and the data used are primary ones collected through questionnaires while secondary data gathered through library research. Data analysis were conducted through correlation analysis, determination coefisient test, regression test and t test for hypothesis testing. Furthermore, the conclusion: there were positive and significant influence between motivation Work (X1) on employee performance (Y) with a correlation of test results for 0874, presenting the relationship of 76.4%, for Work Discipline relations (X2) to variable (Y) for 0675 , presentation of the relationship by 45.6% is also positive and significant effect, whereas the relationship Cultural Organization (X3) with variable (Y) for 0869, presenting the relationship of 75.6% also had a positive and significant impact on the performance of Children's Hospital employees Secanti , Gisting. Thus note that the quality of HR (Human Resources) at the Hospital Panti Secanti, Gisting quite good and very strong views of the three variables: Work Motivation, Discipline of Work and Organizational Culture together / simultaneously with the correlation 0927, presentation by 86 ties
, 0%. Based on the results of hypothesis tests obtained probability (Sig. =
0.0 a) <0.05 (α) then H0 rejected and H1 accepted or there is significant influence between motivation, work discipline and organizational culture on employee performance Secanti Children's Hospital.

Agar Rumah Sakit mampu melaksanakan upaya kesehatan secara berdayaguna dan berhasilguna dengan mengutamakan upaya kuratif dan rehabilitative yang dilaksanakan secara serasi dan terpadu dengan upaya promotif dan preventif serta melaksanakan upaya rujukan maka Sumber Daya Manusia di dalamnya dituntut untuk mempunyai kinerja yang baik. Demikian halnya dengan Rumah Sakit Panti Secanti. Untuk itu diteliti Kinerja karyawan Rumah Sakit Panti Secanti, Gisting, dalam penelitian ini faktor yang diteliti pengaruhnya terhadap kinerja Rumah Sakit Panti Secanti, Gisting adalah faktor motivasi kerja, disiplin kerja dan budaya organisasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif yaitu analisis dengan cara mengungkapkan atau menggambarkan mengenai keadaan atau fakta yang akurat dari objek yang diamati, yang sesuai dengan teori yang berlaku. Dalam penelitian ini digunakan metode sampling, yaitu cara untuk melakukan pengambilan contoh dari populasi yang diketahui, baik dari cara penentuan jumlah sampel maupun dari model pengambilan sampel dimaksud, dengan harapan agar sampel yang digunakan dapat mewakili populasinya. penetapan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan metode proportionate stratified random sampling, yaitu penentuan sampel secara acak pada strata jabatan Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dan data skunder yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan diketahui Kinerja karyawan Rumah Sakit Panti Secanti, Gisting selama ini tergolong baik. Dari penelitian juga diketahui faktor motivasi kerja mempunyai pengaruh yang signifikan (76,4%) terhadap kinerja karyawan Rumah Sakit Panti Secanti, Gisting. Faktor disiplin kerja juga mempunyai pengaruh yang signifikan (45,6%) terhadap kinerja karyawan Rumah Sakit Panti Secanti, Gisting. Faktor budaya organisasi mempunyai pengaruh yang signifikan (75,6%) terhadap kinerja karyawan Rumah Sakit Panti Secanti, Gisting. Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) pada Rumah Sakit Panti Secanti, Gisting sangat kuat. Pengaruh motivasi kerja, disiplin kerja, dan budaya organisasi secara bersama/simultan terhadap kinerja karyawan sebesar 86,0%.

Kata Kunci : Keyword: Motivation, Discipline, Work, Organizational Culture, Employee Performance Health, Hospital, and Panti Secanti Gisting.

 

S1 MANAJEMEN
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR PEMERINTAH KABUPATEN SOLOK SELATAN, SUMATERA BARAT
Tahun : 2014

Download File(s) | File 1 |


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Pemerintah Kab. Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat untuk itu disebarkan daftar pertanyaaan ( kuesioner) sebanyak 67 orang yang dijadikan responden yang memiliki pendidikan terrendah adalah SMA dan yang teringgi adalah S1 dengan harapan mendapatkan jawaban yang valid dan berkopetensi. Pengertian gaya kepemimpinan adalah suatu cara yang dipergunakan oleh pemimpin dalam mempengaruhi, mengarahkan, mendorong dan mengendalikan bawahan dalam mencapai suatu tujuan dalam organisasi. Sedangkan motivasi merupakan sarana yang bisa dipakai oleh pimpinan untuk mengatur hubungan perkerjaan dalam organisasi. Lingkungan kerja mempunyai pengaruh langsung terhadap pegawai dalam melaksanakan tugas masing-masing, lingkungan kerja yang memuaskan bagi pegawai dapat meningakatkan kinerja. Kinerja adalah efektivitas dan efisiensi pencapaian hasil kerja yang dibandingkan dengan target yang sudh ditetapkan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah uji reliabilitas, uji validitas untuk setiap pertanyaan yang ada pada tiap variabel, dan uji regresi sederhana untuk variabel X1 terhadap Y, variabel X2 terhadap Y, dan variabel X3 terhadap Y, serta uji regresi berganda untuk variabel X1, X2, dan X3 terhadap Y sehingga dapat diketahui korelasi, koefisien penentu, uji hipotesis, dan persamaan linear sederhana maupun linear berganda. Kesimpulan yang diambil berdasarkan hasil analisa data kuantitatif, dengan bantuan pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS 17 diperoleh nilai rata-rata (mean) untuk setiap variabel adalah setuju kecuali pada variabel X2 yang bernilai rata-rata sangat setuju. Untuk uji reliabilitas atau kelayakan semua pertanyaan yang ada variabel (X1, X2, X3, dan Y) adalah reliabel untuk Alpha Cronbach yang dipersyaratkan sebesar 0,6, dan uji validitas atau uji keterkaitan antara setiap pertanyaan pada setiap variabel yang ada semuanya valid kecuali pada variabel X1 pada pertanyaan nomor 3, dan variabel X3 pada pertanyaan nomor 12. Hasil korelasi parsial diperoleh hasil yang bernilai positif dengan hubungan yang cukup kuat kecuali pada variabel X2 yang memiliki hubungan yang kuat. Sedangkan uji regresi sederhana dalam bentuk parsial antara X1 terhadap Y, X2 terhadap Y, dan X3 terhadap Y diperoleh nilai Sig. = 0,000 yang jauh lebih kecil dari standard error 0,05 yang berarti signifikan. Sedangkan uji regresi berganda X1, X2, dan X3 terhadap Y diperoleh nilai korelasi positif, dan kuat serta dengan nilai Sig. = 0,000 yang jauh lebih kecil dari stardard error sebesar 0,05 yang berarti signifikan.

Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Lingkungan Kerja dan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Kantor Pemerintah Kab. Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat

 

S1 MANAJEMEN
ASPEK KEUANGAN DALAM PENILAIAN KELAYAKAN PROYEK

Download File(s) | File 1 |


The financial aspects in the assessment of the feasibility of the project is a quantitative analysis on financial data relating to the establishment of an investment project. In the implementation of the project evaluation should be made Projected Financial Statement and Cash Flows for the project. Break-even Point Analysis was conducted to determine the ability of profit and Fianacial Ratios analysis is performed to determine the financial health of the project. Finally made the Capital Budgeting Analysis to determine the feasibility of the project