BERANDA
PROGRAM STUDI 
S1 ADMINISTRASI NIAGA
D3 MANAJEMEN ADMINISTRASI
D1 MANAJEMEN ADMINISTRASI
D4 SEKRETARI
D3 SEKRETARI
D1 SEKRETARI
S1 MANAJEMEN
S1 AKUNTANSI
S2 MAGISTER MANAJEMEN
S1 SISTEM INFORMASI

 

 
S1 SISTEM INFORMASI
Perancangan Desain Kemasan Sebagai Media Untuk Menarik Minat Beli Konsumen Bir Pletok (Setu Babakan)

Penulis : Imam Jayadi SE, MM | Tahun : 2016

Download File(s) | File 1 |


ABSTRAK

Perancangan Desain Kemasan Sebagai Media Untuk Menarik Minat Beli Konsumen Bir Pletok
(Setu Babakan)

Imam Jayadi, SE, MM

Tujuan penelitian ini untuk merancang desain kemasan sebagai media meningkatkan daya tarik Bir Pletok Setu Babakan terhadap minat konsumen serta membentuk citra merek UKM Bir Pletok Setu Babakan.
Untuk menarik minat konsumen ada 2 faktor yang yang jadi penunjang yaitu desain kemasan dan brand image/merek. Dan kajian penelitian yang releven sebagai acuan atau landasan penguat teori dalam penelitian ini
Model pengembangan dalam penelitian ini adalah alat dan instrument yang digunakan dalam pencarian data serta strategi kreatif. Prosedur Pengembangan yaitu proses perancangan desain kemasan dari mulai perundingan dengan klien hingga final proses serta konsep media dituju. Desain penelitian adalah analisis data dengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan studi pustaka.
Hasil penelitian desain kemasan Bir Pletok Setu Babakan menggunakan strategi verbal dan visual yang bertujuan untuk membuat desain kemasan yang baik secara visual maupu secara verbal. Hasil pengembangan desain kemasan meliputi logo, label dan kemasan yang menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS5. Hasil karya semuanya di deskripsikan dan di analisis, meliputi spesifikasi karya yang membahas menggunakan cara apa untuk membuat desain dan analisis estetis membahas bentuk visual. Pemabahasan produk akhir pada penelitian ini adalah menunjukan peningkatan nilai penjual Bir Pletok Setu Babakan setelah penggunaan desain kemasan yang baru. Menunjukan bahwa adanya peranan desain kemasan dalam peningkatan penjualan.
Kesimpulan penelitian ini, perlu adanya perancangan desain kemasan untuk membentuk citra merek serta meningkatkan daya tarik produk terhadap konsumen. Inovasi pada kemasan memang perlu dilakukan dimulai dari sekarang hingga seterusnya yang bersifat berkelanjutan, akan tetapi pembaharuan desain kemasan harus tetap mempertahankan beberapa unsur lama. Penelitian ini menunjukan adanya kontribusi desain kemasan Bir Pletok Setu Babakan terhadap peningkatan penjualan

Jumlah i : 13, halaman : 100, tabel : 8, gambar : 31, lampiran : 7

Daftar acuan : 13 buku (2006 2016), daftar jurnal : 13 jurnal (2006 2016), daftar penelitian sebelumnya : 13 (2006 2016), daftar web : 4 (2013-2016)


Kata Kunci : Desain Kemasan dan Minat Konsumen